Tanda-Tanda Adanya Kerusakan Saraf

Biasanya, tanda-tanda seseorang terkena gangguan saraf dan mental terlihat dari ciri fisik, emosi dan mental luar biasa.  Untuk itu ketahui Tanda-Tanda Adanya Kerusakan Saraf

Selamat datang kembali di salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal berkhasiat yang ampuh dalam mengobati segala jenis penyakit baik, dari penyakit ringan sampai penyakit berat. Salah satunya menyediakan Ginkgo Biloba Plus Capsule yang merupakan Obat Aterosklerosis serebral yang aman dan tanpa efek samping. Di kesempatan posting kali ini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan yaitu mengenai Tanda-Tanda Adanya Kerusakan Saraf, berikut informasinya.

tanda-tanda-adanya-kerusakan-saraf

Tanda-Tanda Adanya Kerusakan Saraf — Otak merupakan organ pusat yang mengatur segala interaksi yang terjadi pada tubuh. Namun, kinerjanya tidak akan maksimal tanpa bantuan sistem saraf.

Sistem saraf bertugas mengantarkan pesan dari seluruh bagian tubuh ke otka dan sebaliknya. Sebagai contoh, otak mendapat pesan dari salah satu anggota tubuh, misal tangan yang sakit akibat menyentuh panci panas. Kemudian, saraf-saraf pada kulit tangan mengirim pesan berupa rasa sakit tersebut ke otak. Setelah itu, otak mengirim pesan kembali ke otot-otot untuk menarik tangan dari panci tersebut.

Tubuh memiliki miliaran saraf-saraf yang tersebar di seluruh bagian tubuh. Saraf-saraf tersebut dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu:

  • Saraf sensorik. Berkat saraf ini Anda bisa merasakan segala sensasi yang terjadi pada tubuh seperti rasa sakit ketika kulit dicubit, atau merasakan manisnya permen, pedasnya cabai, atau pahitnya obat.
  • Saraf motorik. Anda bisa mengontrol anggota tubuh untuk bergerak karena bantuan saraf ini.
  • Saraf autonomik. Saraf ini mengontrol aktivitas yang terjadi tanpa kita sadari  pada tubuh seperti tekanan darah, pencernaan, detak jantung, dan suhu tubuh.

Sayangnya, sistem saraf bisa mengalami kerusakan atau gangguan. Kerusakan pada sistem saraf walau sifatnya ringan, tetap saja bisa memengaruhi kualitas hidup Anda, mengingat betapa pentingnya saraf-saraf ini.

Berikut Tanda Kerusakan Saraf

  • Gejala depresi

Indikator depresi yang mendalam pasti memicu gangguan saraf. Misalnya pikiran untuk melakukan bunuh diri, melukai diri sendiri, kehilangan minat dan semangat dalam hidup, atau kehilangan semua harapan adalah indikator yang sangat serius. Anda sebaiknya segera mencari bantuan profesional untuk menyelamatkan hidup orang yang anda cintai.

  • Gejala kecemasan

Kecemasan ekstrim dengan keterkejutan mendadak dapat menandakan orang tersebut mengalami gangguan mental. Tanda-tanda lain dari kecemasan, seperti tekanan darah tinggi, mengepalkan tangan atau otot-otot menegang, tangan berkeringat berlebihan, gemetar, pusing atau sakit perut, semua menandakan awal gangguan saraf. Tanda-tanda dan gejala ini biasanya diikuti rasa ketakutan dan fobia.

  • Mood ekstrem

Perubahan suasana hati yang sangat serius dan tiba-tiba sangat mempengaruhi individu sekitarnya dan ini adalah sinyal dari gangguan saraf. Hal ini juga dapat mengindikasikan kemungkinan gangguan bipolar, bentuk kondisi mental.

  • Halusinasi

Melihat sesuatu yang palsu sebagai kebenaran atau kenyataan bisa menjadi indikator gangguan saraf, serta kondisi medis yang mendasarinya. Kadang-kadang, halusinasi ini mungkin terbukti membahayakan individ dan lingkungannya. Sebagai contoh, individu yang terkena gangguan saraf dan mental mungkin berhalusinasi bahwa dia mendengar perintah dari dewa atau Tuhan untuk menyakiti orang lain.

  • Serangan panik

Serangan panik dapat menjadi tanda-tanda kecemasan. Gejalanya termasuk tekanan darah tinggi, nyeri dada, berdebar, sesak napas, perasaan yang tidak nyata, tingkat ketakutan yang ekstrem akan dirinya sendiri dan orang lain.

  • Paranoid

Paranoid ini serupa dengan fobia dan ketakutan, namun ini berujung pada gangguan mental. Perasaan dan rasa tidak aman membuat seseorang menjadi begitu stress. Ini juga bisa merugikan mental anda.

  • Perubahan gaya hidup yang signifikan

Perubahan gaya hidup yang signifikan ini antara lain perubahan siklus tidur, berat badan yang  surut seketika, termasuk kehilangan atau kekurangan nafsu makan bisa menunjukkan gangguan saraf.

  • Keterasingan

Orang yang menghadapi gangguan saraf mungkin cenderung mengisolasi diri dari orang lain, terutama teman-teman dan keluarga. Kadang-kadang, mereka mungkin hanya perlu beberapa waktu untuk menyendiri dan memulihkan diri dari situasi sibuk, tapi ketika isolasi terus berlanjut untuk waktu yang lama, hal ini dapat menjadi indikator gangguan saraf. Pengaturan sosial dapat menyebabkan stres, sehingga orang dapat memilih untuk mengasingkan dirinya sendiri.

  • Kehilangan minat dan semangat

Jika seseorang yang awalnya amat begitu mencintai pekerjaannya, tiba-tiba sering sakit, itu mungkin menunjukkan tanda-tanda depresi yang pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan saraf. Curhat dengan seorang teman dekat atau orang yang anda cintai mungkin bisa membantu mengurangi tekanan ini.

  • Traumatis

Sering kali, peristiwa traumatis di masa lalu seseorang dapat memicu gejala gangguan saraf. Hal ini juga mengindikasikan kasus yang disebut  stres pascatrauma (PTSD). Carilah bantuan profesional jika anda mencurigai PTSD adalah kontributor utama gangguan saraf.

Baca Juga : Makanan Yang Paling Baik Untuk Sarapan

Itulah Tanda-Tanda Adanya Kerusakan Saraf. Jadi jika anda merasakan tanda-tanda maupun gejala-gejala yang berkaitan dengan kerusakan sistem saraf, segera temui dokter untuk memastikan penyebabnya.

Tanda-Tanda Adanya Kerusakan Saraf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s