Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah Sejak Dini

Apakah Anda sering merasa pusing dan lelah? Hati-hati, bisa jadi Anda memiliki tekanan darah rendah. Bagi beberapa orang, tekanan darah rendah bahkan dapat menyebabkan seseorang pingsan. Untuk itu Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah Sejak Dini berikut ini.

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan barang 100% asli bukan barang tiruan, karena kami merupakan agen resmi Green World Global. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah Sejak Dini

Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah Sejak Dini — Tekanan darah dikatakan rendah ketika kurang dari 90 mmHg pada sistolik (bilangan atas) atau 60 mmHg pada diastolik (bilangan bawah).

Normalnya, orang berusia di bawah 60 tahun memiliki tekanan darah kurang dari 140/90 mmHg, dan tekanan darah di bawah 150/90 mmHg untuk usia di atas 60 tahun. Jika tekanan darah turun secara tiba-tiba sebesar 20 mmHg, misalnya sistolik 100 mmHg menjadi 80 mmHg, dapat berbahaya. Anda akan merasa pusing dan bahkan pingsan karena otak tidak mendapat cukup pasokan darah. Dari ragam pemicunya yang berbeda-beda, maka hipotensi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Gejala tekanan darah rendah berdasarkan tipenya

Ada beberapa orang yang memang selalu mengalami tekanan darah rendah. Ada juga orang dengan tekanan darah rendah kronis yang tidak menunjukkan beberapa gejala. Kondisi tersebut biasanya hampir tidak pernah menjadi gangguan yang serius. Tekanan darah menurun disebabkan otak kekurangan pasokan darah yang memadai. Setiap orang memiliki tipe tekanan darah yang berbeda. Berikut ini beberapa tipe tekanan darah rendah:

  • Tekanan darah rendah postural

Jenis tekanan darah ini adalah hal yang umum terjadi ketika Anda buru-buru berdiri dari posisi duduk atau berbaring.

Percaya atau tidak, gravitasi membuat aliran darah Anda mengarah ke kaki saat Anda berdiri. Tubuh Anda mencoba untuk meningkatkan denyut jantung dan kontriksi pembuluh darah, agar pasokan darah dapat kembali ke otak. Ketika hal ini terjadi, Anda akan mengalami pening, rasa seperti melayang, pandangan kabur, dan bahkan pingsan.

Apakah penyebabnya hanya karena gravitasi saja? Tentu ada pemicu lainnya, yaitu seperti dehidrasi, istirahat yang lama, kehamilan, masalah jantung, keadaan yang sangat panas, varises yang membesar, diabetes dan kelainan saraf. Tidak hanya itu, tekanan darah tipe ini juga bisa terjadi karena pengaruh obat. Ketika Anda didiagnosis menderita darah tinggi, obat yang dipakai untuk mengatasi darah tinggi tersebut dapat menurunkan tekanan darah rendah secara drastis.

  • Tekanan darah rendah postprandial

Uniknya, tekanan darah ini terjadi setelah makan. Mengapa bisa begitu, bukankah seharusnya setelah makan kita mendapatkan nutrisi lebih?

Setelah makan, aliran darah akan bergerak pada saluran pencernaan Anda. Sama halnya dengan ketika Anda berdiri, darah mengumpul pada kaki. Tubuh Anda mencoba untuk melawan hal tersebut dengan meningkatkan denyut jantung Anda agar tetap dalam keadaan normal. Namun upaya tubuh  tidak selalu berhasil, sehingga saat gagal, Anda akan merasakan pening, rasa ingin pingsan, atau jatuh.

Tekanan darah rendah tipe ini umum terjadi pada orang dengan tekanan darah tinggi yang sedang dalam pengobatan, atau seseorang dengan sakit gangguan sistem saraf seperti penyakit Parkinson. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi dosis obat, makan dalam porsi kecil (tapi beberapa kali makan), dan ngemil makanan rendah karbohidrat.

  • Tekanan darah rendah karena salah sinyal otak

Tekanan darah ini terjadi saat adanya ‘sinyal’ yang salah antara otak dan jantung. Penyebab dari tipe tekanan darah rendah ini adalah berdiri dalam jangka waktu yang lama, akibatnya Anda akan merasa pening, mual, dan pingsan.

Biasanya tipe tekanan darah rendah ini menyerang anak muda. Saraf di ventrikel kiri jantung memberikan sinyal otak bahwa darah terlalu tinggi daripada terlalu rendah. Otak pun menurunkan denyut jantung, sehingga tekanan darah pun menurun. Hal inilah yang menyebabkan darah mengumpul di kaki dan kesulitan untuk mencapai otak.

  • Tekanan darah rendah akibat kerusakan sistem saraf

Kondisi ini dapat disebut sebagai sindrom Shy-Drager, dan merupakan kelainan yang langka, disebabkan oleh kerusakan progresif pada sistem saraf otonom (sistem saraf yang mengontrol fungsi otomatis). Ciri dari hipotensi ini adalah Anda mengalami tekanan darah rendah postural yang parah dengan kombinasi tekanan darah tinggi ketika Anda berbaring.

Gejala darah rendah yang sering terjadi

Tekanan darah rendah terkadang diartikan sebagai tanda tidak cukupnya darah yang mengalir pada otak dan organ vital lainnya, sehingga dapat menyebabkan beberapa gejala seperti:

  • Pening atau badan terasa ringan
  • Pingsan
  • Penglihatan kabur
  • Detak jantung lebih cepat dari normalnya dan iramanya menjadi tidak teratur
  • Merasa kebingungan
  • Mual atau merasa tidak enak badan
  • Lemah
  • Merasa kedinginan
  • Kulit pucat (pucat karena sakit)
  • Merasa haus atau dehidrasi – dehidrasi bisa menjadi penyebab tekanan darah menurun
  • Susah fokus atau berkonsentrasi

Tekanan darah rendah sepertinya sepele, namun kadang bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan kita. Disarankan untuk  memperbaiki gaya hidup sehat sehari-hari; atur kesehatan fisik; atur kesehatan makanan; serta atur pola hidup. Hindari rokok  dan minum alkohol, serta beristirahatlah yang cukup. Niscaya tekanan darah Anda akan terjaga dengan baik. Sekian mengenai “Kenali ciri-ciri darah rendah sejak dini“. Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://obataterosklerosisserebral.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya mengenai kesehatan.

Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah Sejak Dini

Advertisements

One thought on “Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah Sejak Dini

  1. Ahaa, itts nice dialogue oon tthe topi oof ths pierce off writin at thhis
    plzce att thi wweb site, I hasve read alll that, sso at thhis ime mee alsoo commesnting aat
    thiss place. I amm sure this artticle hass toucched alll thhe
    internet visitors, iits really rally pleasant piecfe oof writjng
    onn building uup nnew webpage. Incredible! This blog looks just likle my oold
    one! It’s on a complletely difcferent suvject bbut itt hass preetty much the samje pagye lqyout annd design. Suprrb chkice oof colors!
    http://www.cspan.net/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s